fbpx

12 Cara Menyenangkan Selesaikan Revisi Skripsi

By July 25, 2019 Tips Skripsi

Mengerjakan skripsi identik dengan revisi, hal inilah yang membuat sebagian besar mahasiswa merasa frustasi ketika harus merevisi skripsi yang sudah dibuat. Selama ini revisi menjadi hal yang sangat menakutkan. Padahal, sebenarnya prinsip revisi sama dengan ketika kamu memperbaiki tugas harian yang kurang tepat. Namun, yang menjadi beban tersendiri adalah karena skripsi sebagai tugas akhir yang menjadi syarat perolehan gelar sarjana.

Meskipun dianggap sebagai hal yang menyeramkan, revisi merupakan hal wajar yang memang harus kamu selesaikan. Jangan menganggap revisi sebagai hal yang membebani hidupmu dan membuat hari-harimu tertekan. Cobalah selesaikan revisi dengan cara yang lebih menyenangkan, sehingga membuatmu lebih semangat menyelesaikan revisi tersebut. Nah, berikut beberapa cara menyenangkan menyelesaikan revisi yang bisa kamu coba.

Cara Menyenangkan Selesaikan Revisi Skripsi

Jadikan revisi sebagai hal yang menyenangkan, sehingga tidak membuatmu merasa kesulitan. Caranya:

  1. Buatlah Catatan yang Ingin Direvisi

Jika dosen memberikan perintah revisi secara lisan, cobalah rekam apa yang dibicarakan dosen. Sehingga kamu bisa mendengarkan kembali perintah revisi yang harus kamu kerjakan. Jika kamu hanya mendengarkan saja, kamu bisa saja lupa setelah pulang dari kampus. Hal ini bisa mempersulitmu menyelesaikan revisi karena kamu tidak paham apa yang harus kamu perbaiki. Kemudian, buatlah catatan hal-hal yang perlu direvisi.

Jika dosen memberikan perintah revisi secara tertulis pada kertas skripsi yang kamu kumpulkan, rangkum ulang perintah revisi pada buku catatanmu. Hal tersebut bertujuan agar kamu benar-benar memahami perintah revisi dengan jelas. Atau kamu juga bisa menandai dengan stabilo poin-poin penting yang harus direvisi.

  1. Buatlah List Agenda Revisi

Nah, setelah kamu memiliki catatan perintah revisi yang kamu tulis sendiri, lanjutkan dengan membuat list agenda revisi. Dari perintah revisi tersebut, buatlah catatan apa yang akan kamu lakukan untuk mengerjakan revisi. Tuliskan langkah-langkah secara jelas. Misalnya, meminjam buku ke perpus, membeli buku di Gramedia, mencari jurnal online, menemui dosen lain untuk mencari sumber referensi, dan sebagainya.

Hal tersebut mempermudahmu memulai langkah awal dalam menyelesaikan revisi. Sehingga langkah-langkah yang kamu lakukan dapat berjalan lancar sesuai agenda. Ini juga membantumu untuk menjadi orang yang lebih disiplin menyelesaikan revisi, sehingga bisa selesai cepat waktu.

  1. Baca sebelum Menulis

Penting untuk kamu pahami, agar revisimu berjalan dengan lancar, usahakan membaca terlebih dahulu sebelum menulis atau mengetik. Baca hasil skripsi yang sudah kamu kerjakan sebelumnya, pahami hal-hal yang perlu direvisi, dan baca buku atau jurnal yang kamu jadikan referensi. Tandai atau catat hal-hal penting yang kamu temukan dari referensi tersebut. Jika sudah paham, barulah mulai mengetik memperbaiki skripsi yang salah. Dengan begitu, kamu akan lebih lancar mengetik dan mengembangkan kalimat demi kalimat.

Beberapa orang mengeluh sulit menuliskan sebuah kalimat dan menyatakan pikiran mereka blank. Hal ini disebabkan karena kurangnya referensi yang dibaca atau ketidakpahaman mahasiswa terhadap apa yang harus direvisi. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memahami apa yang harus direvisi dan perbanyak membaca untuk menambah pengetahun dan suku kata, sehingga dalam proses menulis bisa lebih mengalir.

  1. Bangun Semangat

Ingat tujuanmu kuliah adalah memperoleh gelar sarjana dan membahagiakan orang-orang yang menyayangimu, salah satunya keluarga. Untuk memperoleh gelar tersebut, kamu harus menyelesaikan skripsi. Artinya agar skripsimu disetujui pembimbing dan diterima pihak kampus sebagai tugas akhir, kamu perlu memulainya dengan menyelesaikan revisi. Bangun semangatmu untuk mengerjakan revisi dan menganggap revisi bukanlah hal yang menakutkan. Revisi skripsi merupakan kewajibanmu sebagai mahasiswa semester akhir yang perlu kamu selesaikan jika ingin lulus tepat waktu.

  1. Ciptakan Suasana yang Tepat

Jangan menunggu suasana yang tepat untuk menyelesaikan revisi, tetapi kamu sendirilah yang harus menciptakan suasana yang bisa membuatmu nyaman menyelesaikan revisi. Meskipun kamu memiliki rasa malas, lawan dan paksa dirimu untuk tetap mengerjakan revisi. Bersihkan meja belajar dari benda-benda yang berserakan agar dalam mengerjakan kamu bisa lebih berkonsentrasi. Suasana yang bersih bisa membantumu meningkatkan suasana hati positif dan semangat menyelesaikan revisi.

  1. Putar Lagu Favoritmu

Jika kamu tipe orang yang mengerjakan sesuatu sambil mendengarkan musik, cobalah putar playlist lagu favoritmu. Hal ini bisa membuatmu lebih nyaman dan tenang untuk menyelesaikan revisi. Musik juga menjadi salah satu media yang bisa membantu menurunkan tingkat stress atau tekanan. Jika kamu berada di tempat umum, seperti perpustakanan atau café, gunakan headset untuk mendengarkan musik, agar tidak mengganggu orang lain.

  1. Jauhkan Diri dari Handphone

Saat kamu sedang mengerjakan revisi, sebisa mungkin tidak mengakses ponselmu sampai kamu selesai mengerjakannya. Karena memainkan ponsel sambil mengerjakan revisi akan membuat pekerjaanmu tidak cepat selesai. Lebih baik atur jadwal untuk mengerjakan revisi dalam beberapa jam, setelah selesai barulah kamu bisa bersantai dan bermain ponsel. Pandai-pandailah dalam mengatur waktu, agar tugasmu tidak terbengkalai.

  1. Kerjakan Revisi di Tempat Baru

Cobalah cari suasana baru yang tidak biasa kamu lakukan. Hal ini bertujuan untuk mengusir kebosanan karena rutinitas yang sama dalam sehari-hari. Misalnya, jika biasanya kamu mengerjakan revisi di perpustakaan kampus, kost, atau asrama kampus, cobalah sesekali kerjakan revisimu di Café, taman, atau alam bebas yang bisa memberimu udara segar dan nyaman. Selain mengerjakan revisi, kamu juga bisa merefresh pikiranmu agar tidak terlalu stress karena skripsi.

 

  1. Beri Reward setelah Menyelesaikan Revisi

Siapkan reward untuk dirimu sendiri yang akan kamu berikan setelah menyelesaikan revisi. Hal ini bisa memicu semangatmu untuk menyelesaikan revisi untuk mendapatkan reward (hadiah/penghargaan). Walaupun reward ini berasal dari dirimu dan untuk dirimu sendiri, namun cara ini cukup efektif dilakukan agar kamu punya semangat untuk menyelesaikan revisi secepat mungkin.

Misalnya, reward berupa “jalan-jalan”, kamu bisa jalan-jalan ke tempat yang kamu sukai setelah kamu menyelesaikan revisi. Memberikan hadiah pada diri sendiri, bisa membuatmu lebih memiliki semangat dalam mengerjakan skripsi dengan sungguh-sungguh, karena ada hal yang kamu sukai yang akan kamu dapatkan saat berhasi menyelesaikannya.

  1. Kerjakan Bersama Teman

Jika kamu biasanya mengerjakan revisi seorang diri, cobalah bergabung dengan teman-temanmu yang juga sedang mengerjakan skripsi. Hal ini bisa mengurangi sedikit tekanan dalam dirimu, bahwa bukan hanya skripsimu saja yang harus direvisi. Teman-temanmu juga sedang berjuang mengerjakan revisi demi memperoleh gelar sarjana.

Dengan demikian, kamu bisa meminta bantuan kepada teman-temanmu jika kamu merasa kesulitan. Begitu pula sebaliknya, bantulah teman-teman di sekitarmu jika mereka membutuhkan bantuan. Sikap ini akan menimbulkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan untuk berjuang bersama.

  1. Kerjakan Bersama Pasangan

Kalau kamu memiliki pasangan, coba isi acara kencanmu dengan mengerjakan skripsi. Jika kalian sama-sama semester akhir yang sedang mengerjakan skripsi, ini bisa jadi momen untuk mengerjakan skripsi bersama. Atau jika pasanganmu sudah lebih dewasa dan pernah mengerjakan skripsi, kamu bisa memintanya untuk membantumu. Bahkan, kalau pasanganmu merupakan adik tingkat, kamu juga bisa meminta bantuannya untuk memberikan pendapat terkait revisi yang sedang kamu kerjakan. Mengasyikkan bukan?

  1. Siapkan Makanan Ringan dan Minuman Favorit

Jangan biarkan revisi membuatmu stress dan tertekan karena terlalu fokus pada tugasmu tersebut. Cobalah sedikit rileks namun tidak menyepelekan revisi yang harus kamu selesaikan. Agar tidak terlalu tertekan, siapkan makanan ringan dan minuman favoritmu yang bisa kamu makan dan minum ketika beristirahat. Agar proses mengerjakan revisi tidak membuatmu jenuh, disela-sela waktu beristirahatlah sektar 15 menit untuk merilekskan otot tubuh atau menikmati camilan.

Demikianlah 12 cara menyenangkan menyelesaikan revisi skripsi yang bisa juga kamu lakukan. Jangan biarkan revisi menurunkan semangatmu untuk cepat lulus, justru kini saatnya kamu berjuang menyelesaikan revisi, sehingga skripsimu segera disetujui dosen. Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu merasa semangat untuk menyelesaikan skripsi.

Open chat
1
Hei ka, perkenalkan saya Amel salah satu pembimbing skripsi di Dosbing.id. Hmm, dilihat dari raut wajah kakanya, sepertinya kaka lagi pusing skripsi nih. Chat saya untuk dibantu skripsinya dari Pencarian Judul sampai Lulus.
Powered by