fbpx

13 Tips Menentukan Judul Skripsi yang Simpel dan Menarik

By July 25, 2019 Tips Skripsi
(Sumber gambar: pixabay.com/ StartupStockPhotos) 

Skripsi adalah tugas akhir yang berupa karya ilmiah sebagai syarat perolehan gelar sarjana (S1). Bagi kamu yang sedang menjalani semester akhir perkuliahan, tentu sudah harus mulai menyusun skripsi. Hal pertama yang dilakukan yaitu menentukan judul dan permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian skripsi. Namun, bukan hanya mahasiswa semester akhir saja yang perlu menyiapkan judul skripsi. Bagi kamu sudah terjun di dunia perkualihan, juga bisa menyiapkan list judul skripsi yang nantinya bisa kamu pakai sebagai karya ilmiah tugas akhir.

Menentukan judul skripsi mungkin terlihat mudah bagi mereka yang belum merasakan. Namun, banyak juga mahasiswa semester akhir yang mengalami kebingungan menentukan judul skripsi. Pembuatan judul skripsi tentu harus mudah dipahami sesuai dengan tema atau permasalahan yang diangkat. Judul skripsi yang terlalu panjang dan rumit akan membuat orang lain enggan membacanya atau membuat orang lain tidak memahami maksudnya.

Maka dari itu, kamu perlu menyiapkan judul skripsi yang simpel, jelas, mudah dipahami, dan tentunya menarik perhatian pembaca untuk membaca dan mendalami skripsi yang telah kamu buat. Bagaimana caranya? Berikut tips membuat judul skripsi yang simpel dan menarik!

Tips Menentukan Judul Skripsi yang Simpel dan Menarik

Bagi kamu yang sedang kebingungan menentukan judul skripsi, ikuti beberapa tips berikut ini!

  1. Baca Skripsi Orang Lain

Jangan terburu-buru menentukan judul skripsi, mulailah dengan mencari referensi judul skripsi yang pernah dibuat. Kamu bisa membaca beberapa skripsi milik kakak tingkat atau mencari di internet, perpustakaan umum, atau jurnal-jurnal. Dengan begitu, kamu bisa melihat judul-judul yang pernah dibuat. Hal ini bisa membuatmu menemukan ide dalam menentukan judul skripsi. Kamu juga bisa mengembangkan skripsi lama menjadi skripsi baru dengan melakukan penelitian lebih lanjut yang belum terungkap dari penelitian sebelumnya.

  1. Buat Judul Skripsi Berdasarkan Minat

Langkah selanjutnya yaitu membuat judul skripsi berdasarkan minatmu sendiri. Pastikan judul yang kamu buat sesuai dengan minat dan ketertarikanmu berkaitan dengan tema yang diambil. Jangan sampai judul yang kamu buat justru menyulitkanmu karena kamu tidak memiliki minat dan ketertarikan terhadap tema yang diangkat, sehingga membuatmu malas untuk mengerjakannya. Jika kamu memilih tema yang kamu sukai, proses pengerjaan akan lebih menyenangkan karena kamu tidak merasa terbebani.

  1. Rajin Membaca Berita dan Melihat Fenomena Sekitar

Agar skripsimu menarik dosen pembimbing ataupun membaca lainnya, pilihlah judul skripsi yang berkaitan dengan hal-hal yang sedang diperbincangkan saat ini. Maka dari itu, rajinlah membaca berita untuk mengetahui kabar terbaru dan hal-hal yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan. Bisa juga kamu mengangkat permasalahan yang sedang terjadi di sekitarmu. Dalam menentukan judul skripsi, dibutuhkan kepekaan diri terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitar.

  1. Sesuaikan dengan Kondisi Saat Ini

Jangan mempersulit dirimu sendiri dengan memilih judul skripsi dimana sumber referensi data yang mendukung sulit didapatkan. Jika kamu ingin mengangkat tema-tema sejarah, pastikan bahwa kamu bisa mendapatkan sumber referensi sebagai data pendukung dengan mudah. Namun, untuk memperlancar proses pengerjaan skripsi, disarankan memilih tema yang berkaitan dengan kondisi saat ini. Sehingga banyak sumber referensi yang bisa didapatkan dengan mudah dan cepat.

  1. Pastikan Tema yang Diambil dapat Diselesaikan Tepat Waktu

Pastikan tema dan permasalahan yang kamu angkat bisa selesai tepat waktu. Artinya, kamu juga perlu mempertimbangkan berapa lama kamu bisa menyelesaikan skripsi tersebut. Pertimbangkan pula berapa waktu penelitian, pengumpulan dokumentasi, dan administrari skripsi lainnya. Jangan mengangkat masalah yang justru akan merepotkanmu karena membutuhkan banyak waktu. Hal ini bisa membuatmu tidak dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu sesuai ketentuan kampus. Kecuali, jika kamu ingin melakukan penelitian mandiri, bukan sebagai tugas akhir.

  1. Lakukan Pendekatan ke Lapangan secara Langsung

Tidak ada salahnya sebelum memulai skripsi, kamu melakukan pendekatan secara langsung di lokasi yang ingin Anda jadikan tempat penelitian. Ini bisa membantumu menemukan ide judul yang menarik. Kamu bisa mengunjungi calon lokasi penelitian, mendalami permasalahan yang terjadi dan mengenal pihak-pihak yang ada disana. Apakah lokasi yang akan kamu jadikan tempat penelitian bisa mempermudahkanmu mendapatkan data penelitian atau tidak. Hal ini penting untuk kelancaran penyelesaian skripsimu nantinya.

  1. Ikuti Seminar dan Workshop

Cobalah ikuti beberapa kegiatan di luar pembelajaran kampus, misalnya mengikuti seminar dan workshop khusunya mengenai penulisan karya ilmiah atau penyusunan skripsi. Selain menambah pengetahuan tentang penulisan skripsi, hal ini juga bisa berpeluang bagi kamu untuk menemukan ide-ide cemerlang untuk membuat judul skripsi. Bahkan kamu bisa menambah teman yang bisa diajak berdiskusi untuk menemukan referensi pembuatan judul skripsi yang baik.

  1. Buatlah Judul yang Simpel Namun Menjelaskan Isi Skripsi

Penting bagi kamu untuk membuat judul yang simpel dan jelas. Judul yang baik adalah yang tidak terlalu panjang sehingga membuat orang lain lupa, bahkan kamu  sendiri juga bisa kesulitan mengucapkan judul skripsimu. Usahakan judul skripsi juga tidak terlalu pendek, sehingga isi skripsi tidak tersampaikan di dalam judul. Kurangi penggunaan kata penghubung yang terlalu banyak, sehingga membuat judul menjadi terlalu panjang. Sebagai contoh:

  • Analisis Penggunaan Internet yang Dilakukan Siswa di Lingkup SMK Tunas Jaya (kurang tepat, judul terlalu berbelit-belit)
  • Analisis Penggunaan Internet bagi Siswa (kurang tepat, karena terlalu luas jangkauannya)
  • Analisis Penggunaan Internet bagi Siswa di SMK Tunas Jaya (tepat)
  1. Buatlah Judul yang Unik dan Menarik

Siapkan judul yang unik dan belum pernah dibahas sebelumnya. Artinya judul yang kamu buat mengangkat tema baru yang berbeda dengan pembahasan yang pernah dilakukan oleh peneliti lain. Selain itu, judul yang kamu buat harus benar-benar menarik, sehingga membuat orang lain ingin membaca skripsimu hingga akhir, bahkan melakukan penelitian lebih lanjut dari skripsi yang kamu buat. Hal ini tentunya akan membuat skripsimu dikenal banyak orang karena dijadikan sebagai sumber rujukan.

  1. Mintalah Saran Teman dan Dosen Pembimbing

Walaupun skripsi ini akan menjadi tugas mandiri yang harus kamu selesaikan sendiri, bukan berarti kamu tidak membutuhkan saran dari dosen pembimbing atau teman. Kamu bisa berdiskusi dengan teman-temanmu dan meminta saran judul skripsi dari mereka. Selain teman, penting juga untuk meminta saran dari dosen pembimbing. Tampung semua saran yang diberikan, dan kamu bisa memilihnya sesuai bidang yang kamu minati.

  1. Siapkan Banyak Judul Skripsi

Sebelum menetapkan judul skripsi final, kamu tentu perlu mendiskusikan kembali dengan dosen pembimbing skripsimu. Ada kemungkinan, judul yang kamu ajukan ditolak oleh dosen pembimbing. Maka dari itu, siapkan lebih dari satu judul sebagai cadangan. Pastikan judul yang kamu ajukan berbeda temanya, sehingga memiliki kemungkinan salah satu diterima.

  1. Pertimbangkan Lokasi Penelitian dan Biaya

Jangan lupa pertimbangkan pula lokasi yang akan kamu jadikan tempat penelitian sesuai judul yang kamu pilih. Pastikan lokasi penelitian mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum dan aman. Tak hanya lokasi, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya yang akan digunakan untuk melakukan penelitian tersebut. Sesuaikan dengan kemampuan finansial, jangan sampai menyulitkanmu karena tidak memiliki biaya untuk melakukan penelitian. Jangan hanya mengedepankan judul yang menarik, namun memiliki lokasi yang sulit dijangkau dan membutuhkan banyak biaya pengeluaran.

  1. Memiliki Nilai Manfaat yang Tinggi

Terakhir, dalam penentuan judul, kamu juga perlu mempertimbangkan nilai manfaat dari judul yang kamu buat. Usahakan judul yang kamu buat bisa memberikan manfaat bagi para pembaca, bahkan bisa membawa perubahan yang baik bagi kampus, tempat penelitian, mahasiswa lain, hingga negara.

Jadi, itulah 13 tips menentukan judul skripsi yang simpel dan menarik sesuai minat dan ketertarikanmu. Berhati-hatilah dalam menentukan dan memilih judul skripsi yang akan kamu selesaikan. Jangan sampai judul yang kamu pilih sendiri, justru menyulitkanmu selama proses pengerjaan.

Open chat
1
Hei ka, perkenalkan saya Amel salah satu pembimbing skripsi di Dosbing.id. Hmm, dilihat dari raut wajah kakanya, sepertinya kaka lagi pusing skripsi nih. Chat saya untuk dibantu skripsinya dari Pencarian Judul sampai Lulus.
Powered by