Skip to main content

Judul Skripsi: Clustering Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Algoritma K-Means (Studi Kasus: Universitas Dehasen Bengkulu)

Penulis:

Devi Sartika; Juju Jumadi

Abstrak:

Penelitian ini dilakukan untuk mengklasifikasikan kinerja dosen dengan memanfaatkan teknik penambangan data. Kajian ini juga bertujuan untuk memberikan kemudahan informasi dan evaluasi kepada para dosen dan pengambil keputusan dalam membuat keputusan. Penerapan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma cluster K-berarti. Beberapa tahapan yang dilakukan dalam menganalisa dan mengklasifikasikan kinerja dosen dimulai dengan penentuan nilai centroid pusat secara acak. Proses algoritma K-means berakhir jika tidak ada perubahan nilai centroid antara satu iterasi dengan iterasi lain. Tes dilakukan dengan menggunakan RapidMiner Studio 7,5 aplikasi dengan 60 dosen data sebagai masukan. Hasil tes dapat dilihat bahwa kelompok kinerja dosen yang sangat baik berjumlah 12 anggota dengan total nilai tertinggi 48.550 centroid, kinerja kelompok dosen yang baik berjumlah 29 anggota dengan nilai Total 40.340 centroid, dosen kinerja kelompok cukup baik berjumlah 10 anggota dengan total nilai centroid 37.963, kinerja dosen miskin berjumlah 9 anggota dengan nilai centroid terendah 37.033.

Metode / Algoritma:

K-Means

Cocok untuk Fakultas:

Teknik Informatika, Sistem Informasi

Konsultasi Sekarang
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kaka lagi pusing masalah skripsi / tesis nih. Lagi bingung dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.