Skip to main content

Perancangan Sistem Informasi Inventory Metode FIFO (Studi Kasus : Toko Banyu Abadi)

Judul Skripsi : Perancangan Sistem Informasi Inventory Metode FIFO (Studi Kasus : Toko Banyu Abadi)
DokterSkripsi.com – Sistem informasi mempunyai peranan yang penting dalam dunia retail. Banyak perusahaan retail yang menggunakan sistem informasi untuk mempermudah dalam pengaturan sistem inventory barang, sistem informasi persediaan barang merupakan salah satu cara yang dapat digunakan sebagai pengolah data dan informasi memungkinkan user (admin / owner) melakukan pengolahan data secara cepat serta menghasilkan output (informasi) yang secara cepat dan akurat. Selain itu, sistem informasi dapat membantu user dalam hal penyimpanan data dalam jumlah besar. User tidak perlu takut lagi dengan masalah penyimpanan data atau dokumen yang sering memerlukan tempat yang cukup besar.Sebab masalah ini dapat dipecahkan dengan adanya sistem yang terkomputerisasi [ADY14].
Organisasi yang bergerak dibidang retail harus melakukan persediaan barang pada gudang. Barang pada gudang ini sangat berguna pada bidang retail, karena barang pada gudang digunakan untuk stok barang bila barang yang ada ditoko persediaan sudah menipis atau jika barang sudah habis. Retail merupakan suatu atau lebih aktivitas yang menambah nilai produk dan jasa kepada konsumen baik untuk kebutuhan keluarga atau untuk kebutuhan pribadi.
 
Banyu abadi ini merupakan suatu toko yang bergelut dalam bidang seni dekorasi dan penjualan barang seperti perlengkapan buket bunga, box, balon-balon, kain planel, pita, kain laken, boneka wisuda dan lain-lain hanya saja terjadi masalah pada sisi harga penjualan barang yang menurun dikarenakan kualitas barang yang sudah expired maka ditetapkan metode FIFO akan sangat tepat dalam perancangan sistem informasi ini.
 
Metode FIFO (First In First Out) yang akan dilakukan agar menjadi sebuah solusi yaitu dengan cara menentukan waktu kadaluarsa barang-barang yang ada digudang sesuai dengan kedatangan barang atau stok in/ barang masuk. Dengan Cara, pihak pengelola gudang harus mampu mengatur pemindahan barang – barang secara efisien dan efektif sesuai dengan sistem ini. Bila menggunakan sistem FIFO, sebaiknya penataan barang di gudang tidak ditumpuk melainkan dijajar sesuai dengan waktu barang tersebut masuk/stok in. Penataan ini dimaksudkan agar barang yang pertama kali masuk dapat dengan mudah keluar karena dekat dengan pintu keluar. Demikian pula dengan barang yang baru saja masuk, maka dapat dengan mudah masuk karena tidak terhalangi oleh barang – barang yang sebelumnya sudah masuk [POR15].
 
Dalam pengelolaan persediaan barang, sistem informasi sangatlah penting dan sangat bermanfaat dalam hal ketepatan dan kecepatan prosesnya. Sistem informasi ini juga sangat penting untuk pengelolaan barang karena jika tidak ada sistem informasi pengelolaan barang tidak akan teratur dan sulit dalam menerima informasi barang masuk dan barang keluar dari gudang.
 
Referensi: 

Method (SSADM), Version 4” The McGraw-Hill Companie, London, 1995.
[JOG15] Jogiyanto H.M., “Analisis dan Desain”, Yogyakarta, 2015
[KEL95] Kelleher, Kevin, Casey G., Lois D., et al, “Cause and Effect Diagram : Plain &
Simple”, Joiner Associates Inc, USA, 1995.

 
 
[POR15]          Porosilmu, “Penyimpanan barang di gudang dengan sistem FIFO”, 2015 https://www.porosilmu.com/2016/11/penyimpanan-barang-di-gudang-dengan.html di akses 5 September 2018.
 

[QAD15] Qadhafi, Muhammad. “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Barang
Pada Gudang Di Koperasi Mahasiswa Universitas Pasundan”, Bandung, 2015.
[TJI99] Tjiptono, Fandy, “Strategi pemasaran”, Yogyakarta : Andi Offset, 1999.
[UMA05] Umar,  Husein,  “Evaluasi  Kinerja  Perusahaan”, Penerbit  Gramedia  Pustaka
Utama, 2005.
[HAB15] Habib, Ahmad, “Komputerisasi Akuntansi”, 2015 http://p21-
ka.blogspot.com/2015/10/siklus-pengolahan-data-penjualan-pada.html di akses 5
Januari 2019.
Konsultasi Sekarang
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kaka lagi pusing masalah skripsi / tesis nih. Lagi bingung dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.