Skip to main content

Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Java Desktop di Pesantren Internasional KH. Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta

si ……………………………………………………………………………………….. xvii BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………… 1 A. Latar Belakang Masalah ………………………………………………………………. 1 B. Perumusan Masalah ……………………………………………………………………. 2 C. Batasan Masalah ………………………………………………………………………… 2 D. Tujuan Penelitian ……………………………………………………………………….. 3 E. Manfaat Penelitian ……………………………………………………………………… 3 F. Sistematika Penulisan ………………………………………………………………….. 3 BAB II TINJAUAN PUSTAKA ………………………………………………………. 5 A. Telaah Penelitian ………………………………………………………………………… 5 B. Landasan Teori ………………………………………………………………………….. 6 ix1. Pengertian sistem informasi …………………………………………………….. 6 2. Pemrograman java desktop ……………………………………………………… 8 3. Basis data MySQL ………………………………………………………………… 16 4. SDLC (System Development Life Cycle) ……………………………………. 17 BAB III METODOLOGI PENELITIAN …………………………………………. 19 A. Waktu dan Tempat ……………………………………………………………………… 19 B. Peralatan Utama dan Pendukung …………………………………………………… 19 C. Alur Penelitian …………………………………………………………………………… 19 1. Studi kelayakan penelitian sistem informasi ………………………………. 19 2. Analisis sistem informasi ………………………………………………………… 20 3. Desain sistem informasi …………………………………………………………. 20 4. Pengembangan sistem informasi ………………………………………………. 20 5. Pengujian sistem informasi ……………………………………………………… 20 6. Perbaikan sistem informasi ……………………………………………………… 21 7. Implementasi sistem informasi ………………………………………………… 21 8. Pembuatan laporan ………………………………………………………………… 21 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN …………………………………………….. 23 A. Hasil Penelitian ………………………………………………………………………….. 23 B. Analisis Penelitian ……………………………………………………………………… 23 1. Studi kelayakan sistem informasi ……………………………………………… 23 2. Analisis sistem informasi ………………………………………………………… 24 3. Desain Sistem Informasi …………………………………………………………. 26 4. Pengembangan Sistem Informasi ……………………………………………… 49 x5. Pengujian Sistem Informasi …………………………………………………….. 56 6. Implementasi dan perawatan Sistem Informasi …………………………… 82 BAB V PENUTUP …………………………………………………………………………. 83 A. Kesimpulan ……………………………………………………………………………….. 83 B. Saran ………………………………………………………………………………………… 83 DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………… 84 Lampiran ………………………………………………………………………………………… 84 xi DAFTAR TABEL Tabel 2.1: Acces Modifier …………………………………………………………………. 15 Tabel 4.1. Arti simbol pada sebuah Table Instance Chart ……………………….. 30 Tabel 4.2. TIC untuk tabel “tabel_user” ………………………………………………. 30 Tabel 4.3. TIC untuk tabel “tabel_set_pembayaran” ………………………………. 30 Tabel 4.4. TIC untuk tabel “tabel_mahasiswa” ……………………………………… 31 Tabel 4.5. TIC untuk tabel “tabel_data_ortu” ……………………………………….. 31 Tabel 4.6. TIC untuk tabel “tabel_data_lain” ………………………………………… 32 Tabel 4.7. TIC untuk tabel “tabel_pembayaran” ……………………………………. 32 Tabel 4.8. TIC untuk tabel “tabel_makan” ……………………………………………. 33 Tabel 4.9. TIC untuk tabel “tabel_ruang” …………………………………………….. 33 Tabel 4.10. TIC untuk tabel “tabel_jenis_inventory” ……………………………… 34 Tabel 4.11. TIC untuk tabel “tabel_ inventory” …………………………………….. 34 Tabel 4.12. TIC untuk tabel “tabel_ anggaran_terima” …………………………… 35 Tabel 4.13. TIC untuk tabel “tabel_ anggaran_keluar” …………………………… 35 Tabel 4.14. TIC untuk tabel “tabel_ kuitansi” ……………………………………….. 36 Tabel 4.15. TIC untuk tabel “tabel_ laporan_pembayaran” ……………………… 36 Tabel 4.16. TIC untuk tabel “tabel_ laporan” ……………………………………….. 37 Tabel 4.17. TIC untuk tabel “tabel_ cetak_barcode” ………………………………. 37 xii DAFTAR GAMBAR Gambar 3.1 : Rancangan sistem informasi berbasis Java desktop …………….. 20 Gambar 3.2 : Alur penelitian ……………………………………………………………… 22 Gambar 4.1 : Entity Relationship Diagram sistem basis data …………………… 29 Gambar 4.2 : Form utama aplikasi SIBJD ……………………………………………. 39 Gambar 4.3 : Form pengaturan koneksi ……………………………………………….. 39 Gambar 4.4 : Form login …………………………………………………………………… 39 Gambar 4.5 : Form mahasiswa …………………………………………………………… 40 Gambar 4.6 : Form pembayaran …………………………………………………………. 40 Gambar 4.7 : Form inventaris …………………………………………………………….. 41 Gambar 4.8 : Form monitoring makan ………………………………………………… 41 Gambar 4.9 : Form cetak laporan ……………………………………………………….. 41 Gambar 4.10 : Form pengaturan user ………………………………………………….. 42 Gambar 4.11 : Form ubah password ……………………………………………………. 42 Gambar 4.12 : Form tentang ………………………………………………………………. 42 Gambar 4.13 : Diagram aktifitas user melakukan login ………………………….. 43 Gambar 4.14 : Diagram aktifitas user mengelola data mahasiswa …………….. 44 Gambar 4.15 : Diagram aktifitas user mengelola data pembayaran …………… 45 Gambar 4.16 : Diagram aktifitas user mengelola data inventaris ……………… 46 Gambar 4.17 : Diagram aktifitas user melakukan pencetakan laporan ………. 47 Gambar 4.18 : Diagram aktifitas user menjalankan aplikasi monitoring makan 47 Gambar 4.19 : Diagram aktifitas admin mengelola data user …………………… 48 xiii Gambar 4.20 : Diagram aktifitas user mengubah password …………………….. 48 Gambar 4.21 : Tampilan fom mahasiswa …………………………………………….. 57 Gambar 4.22
: Tampilan hasil penginputan data mahasiswa ……………………. 57 Gambar 4.23 : Tampilan hasil perubahan data mahasiswa ………………………. 58 Gambar 4.24 : Tampilan hasil perubahan data mahasiswa ………………………. 58 Gambar 4.25 : Tampilan hasil perubahan data mahasiswa ………………………. 59 Gambar 4.26 : Tampilan form pembayaran ………………………………………….. 59 Gambar 4.27 : Tampilan hasil pencarian data mahasiswa ……………………….. 60 Gambar 4.28 : Tampilan data pembayaran mahasiswa …………………………… 60 Gambar 4.29 : Tampilan hasil pencatatan data pembayaran mahasiswa …….. 61 Gambar 4.30 : Tampilan hasil pencetakan kuitansi ………………………………… 61 Gambar 4.31 : Tampilan hasil pencetakan rekap pembayaran ………………….. 62 Gambar 4.32 : Tampilan pengaturan biaya …………………………………………… 62 Gambar 4.33 : Tampilan hasil perubahan biaya pembayaran …………………… 63 Gambar 4.34 : Tampilan data total pembayaran ……………………………………. 63 Gambar 4.35 : Tampilan data total pembayaran pada bulan dan tahun yang berbeda ………………………………………………………………………………………….. 64 Gambar 4.36 : Tampilan hasil pencetakan catatan total pembayaran …………. 64 Gambar 4.37 : Tampilan data ruang ……………………………………………………. 65 Gambar 4.38 : Tampilan hasil penginputan data ruang …………………………… 65 Gambar 4.39 : Tampilan hasil perubahan data ruang ……………………………… 66 Gambar 4.40 : Tampilan hasil penghapusan data ruang ………………………….. 66 Gambar 4.41 : Tampilan jenis inventaris ……………………………………………… 67 xivGambar 4.42 : Tampilan hasil penginputan data jenis inventaris ……………… 67 Gambar 4.43 : Tampilan hasil perubahan data ruang ……………………………… 68 Gambar 4.44 : Tampilan hasil penghapusan data jenis inventaris …………….. 68 Gambar 4.45 : Tampilan data inventaris ………………………………………………. 69 Gambar 4.46 : Tampilan hasil penginputan data inventaris ……………………… 69 Gambar 4.47 : Tampilan hasil perubahan data ruang ……………………………… 70 Gambar 4.48 : Tampilan hasil penghapusan data inventaris …………………….. 70 Gambar 4.49 : Tampilan hasil pencetakan data inventaris ………………………. 71 Gambar 4.50 : Tampilan cetak barcode ……………………………………………….. 71 Gambar 4.51 : Tampilan hasil pencarian data inventaris …………………………. 72 Gambar 4.52 : Tampilan hasil penseleksian data inventaris …………………….. 72 Gambar 4.53 : Tampilan hasil pencetakan barcode ……………………………….. 73 Gambar 4.54 : Tampilan form monitoring makan ………………………………….. 73 Gambar 4.55 : Tampilan hasil penerimaan akses makan …………………………. 74 Gambar 4.56 : Tampilan hasil penolakan karena ID salah ………………………. 74 Gambar 4.57 : Tampilan hasil penolakan karena status non aktif ……………… 75 Gambar 4.58 : Tampilan hasil penolakan karena batasan jumlah makan ……. 75 Gambar 4.59 : Tampilan form cetak laporan ………………………………………… 76 Gambar 4.60 : Tampilan hasil perubahan data laporan keuangan ……………… 76 Gambar 4.61 : Tampilan hasil pencetakan laporan keuangan …………………… 77 Gambar 4.62 : Tampilan aplikasi pengaturan data user …………………………… 78 Gambar 4.63 : Tampilan hasil penginputan data user …………………………….. 78 Gambar 4.64 : Tampilan hasil perubahan data user ……………………………….. 79 xvGambar 4.65 : Tampilan hasil penghapusan data user ……………………………. 79 Gambar 4.66 : Tampilan form perubahan password ………………………………. 80 Gambar 4.67 : Tampilan pesan kesalahan password lama ……………………….. 80 Gambar 4.68 : Tampilan pesan kesalahan password baru tidak cocok ………. 80 Gambar 4.69 : Tampilan menu utama karena perubahan password berhasil .. 81 xvi DAFTAR LAMPIRAN Surat keterangan penelitian ……………………………………………………………….. 86 Script program aplikasi …………………………………………………………………….. 87 xvii ABSTRAKSI Pesantren internasional KH. Mas Mansur merupakan salah satu pesantren yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta yang belum lama didirikan. Dalam mengolah data pada sistem informasi, pesantren internasional KH. Mas Mansur memerlukan program aplikasi khusus seperti program aplikasi berbasis desktop. Solusi yang dipilih ialah merancang dan mengembangkan sistem informasi berbasis Java desktop. Perancangan dan pengembangan sistem informasi tersebut dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan development tool Netbeans 6.5 pembangun program aplikasi Java desktop dan MySQL sebagai sistem manajemen basis data. Tahapan perancangan dan pengembangan sistem informasi meliputi studi kelayakan sistem informasi, analisis sistem informasi, desain sistem informasi, pengembangan sistem informasi, pengujian sistem informasi, perbaikan sistem informasi, implementasi sistem informasi dan pembuatan laporan. Program aplikasi yang dibangun mengikuti tahapan SDLC (System Development Life Cycle). Dalam pengembangan program aplikasi Java, terdiri dari satu package, tujuh subpackage, tiga puluh class, tiga file dat untuk konfigurasi, tujuh file report, lima file gambar dan dua file suara. Hasil perancangan dan pengembangan sistem informasi berwujud sebuah program aplikasi Java desktop yang memiliki beberapa fitur seperti kecepatan dan keakuratan dalam pengolahan data, penyimpanan data yang terorganisir, dan dapat dijalankan di banyak sistem operasi.

Konsultasi Sekarang
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kaka lagi pusing masalah skripsi / tesis nih. Lagi bingung dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.