Skip to main content

Perancangan Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Kas Berbasis Anggaran Kinerja Pada Kantor Gubernur Provinsi Maluku Utara

Judul Skripsi : Perancangan Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Kas Berbasis Anggaran Kinerja Pada Kantor Gubernur Provinsi Maluku Utara
DokterSkripsi.com – Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas pada kantor Gubernur Provinsi Maluku Utara. Penelitian ini dilakukan mengingat issue Pemerintahan yang baik (Good Governance) merupakan tuntutan paling mengemuka dalam pengelolaan administrasi publik dewasa ini. Penggunaan sistem informasi akuntansi anggaran tradisional dirasa tidak relevan lagi dalam tuntutan perkembangan keuangan publik yang sangat kompleks. Anggaran tradisional perlu diganti dengan sistem informasi akuntansi anggaran berbasis kinerja, mengingat anggaran kinerja memiliki tolok ukur yang relevan dan mampu menjawab ukuran-ukuran kinerja pemerintah daerah. Hasil penelitan menunjukan Penerimaan Kas yang bersumber dari Penerimaan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan dari pusat, dan Pendapatan lain-lain yang sah telah memenuhi prosedur dari sistem informasi akuntansi berbasis anggaran kinerja terlihat melalui penggunaan dokumen, prosedur penerimaan uang, dan fungsi yang terlibat dari penerimaan uang tersebut. Sedangkan pada pengeluaran kas melalui prosedur-prosedur yang saling berhubungan dan membentuk suatu sistem yang terdiri dari prosedur penerbitan SKO, prosedur pengajuan SPP, prosedur penerbitan SPM, prosedur pengeluaran kas, prosedur pengesahan SPJ, dan prosedur pencatatan akuntansi.

Referensi:
[1] Baridwan, Zaki. 1993. Sistem Akuntansi, Bagian penerbitan Akademik Akuntansi Yogyakarta,YPKN.
[2] Baridwan, Zaki. 2000. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Kedua, Yogyakarta, BPFE
[3] Baridwan, Zaki. 1992. Intermediate Accounting, Edisi Ketujuh. Yogyakarta, BPFE
[4] Bastian, Indra. 2001. Manual Akuntansi Keuangan Daerah, Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Yogyakarta, BPFE.
[5] Bastian, Indra,. Soepriyanto, Gatot. 2003. Sistrem Akuntansi Sektor Publik, Edisi Pertama, Jakarta, Salemba Empat.
[6] George H Bodnar. Williams S Hopwood. 2000. Diindonesiakan oleh Abadi Jusuf, Amir. Tambunan, Rudi M. Sistem Informasi Akuntansi, Pearson Education Asia Pte.Ltd.Prentice – Hall.Inc. Jakarta, Salemba Empat.
[7] Halim, Abdul. 2002, Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah, Edisi Pertama, Jakarta, Salemba Empat.
[8] Jay M Smith. K fred Skousen. 1996. Akuntansi Intermediate volume komprehensif, Edisi kesembilan jilid 1, Ciaracas Jakarta, Erlangga.
[9] Perum percetakan Negara Republik Indonesia. 2003. Lembaga Administrasi Negara dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, Pedoman dan modul Akuntabilitas Instansi Pemerintah, Jakarta.
[10] Rasul, Sjahruddin. 2003. Pengintegrasian Sistem Akuntabilitas Kinerja dan Anggaran Perpektif UU No.17/2003 tentang keuangan Negara, cetakan pertama, Jakarta, seri Hukum.
[11] SR, Soemarso. 1990. Akuntansi Suatu Pengantar, Edisi Ketiga, Jakarta, Rineka cipta.
[12] Widjaja Tunggal, Amin. 1995. Struktur Pengendalian Intern, Edisi Pertama, Jakarta, Rineka Cipta.
Konsultasi Sekarang
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kaka lagi pusing masalah skripsi / tesis nih. Lagi bingung dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.