Skip to main content

Model Perilaku Berjalan Agen-Agen Menggunakan Fuzzy Logic

Perilaku sebuah agen yang natural atau mampu merespon lingkungan adalah tujuan yang dikembangkan oleh para game developer. Logika fuzzy adalah salah satu metode yang mampu menangkap kondisi lingkungan yang tidak diskrit. Penelitian ini menjelaskan model perilaku kecepatan berjalan sejumlah agen yang mendapat pengaruh dari lingkungannya. Variabel masukan untuk penelitian ini adalah ukuran kelompok, kondisi stamina dan kondisi lingkungan yang secara random dimunculkan. Metode inferensi yang digunakan adalah metode Mamdani dan metode defuzzifikasi Mean Of Maximum. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 3,9 yang merupakan kecepatan berjalan yang dipengaruhi ukuran kelompok 16 buah, dengan kondisi stamina tingkat 6 dan kondisi lingkungan pada state 42.

Konsultasi Sekarang
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kaka lagi pusing masalah skripsi / tesis nih. Lagi bingung dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.