Skip to main content

… Pada Aplikasi Dashboard Monitoring Performansi Mahasiswa Dan Lulusan Berdasarkan Standar 3 BAN-PT Program Studi Sarjana Menggunakan Metode SCRUM

─Business Intelligence merupakan salah satu pengembangan teknologi informasi yang digunakan sebagai alat bantu untuk meningkatkan nilai bisnis organisasi, tidak hanya untuk organisasi profit-oriented, tetapi juga organisasi non-profit seperti lembaga pendidikan. Telkom University merupakan lembaga pendidikan yang sudah memanfaatkan teknologi informasi yang digunakan untuk menunjang kebutuhan akan informasi pada berbagai proses bisnisnya, termasuk untuk melakukan monitoring mahasiswa dan lulusan, yang mana dilakukan oleh tiap program studi. Tiap program studi dapat memantau kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa dan lulusannya sebagai dasar pembuatan strategi perbaikan sistem pelayanan kepada mahasiswa dan lulusan. Proses monitoring performansi mahasiswa dan lulusan memerlukan data dan informasi yang diambil dari banyak bagian dengan berbagai format data. Hasil pemantauan tersebut digunakan sebagai landasan pengambilan keputusan. Untuk melakukan proses tersebut, dalam penelitian ini akan dirancang sistem monitoring melalui Business Intelligence System dalam bentuk dashboard. Dashboard dengan perspektif Business Intelligence tidak hanya mampu melakukan monitoring secara dinamis, tetapi juga menyediakan informasi hasil prediksi untuk mendukung pembuatan keputusan bagi top level management program studi. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode scrum yang merupakan salah satu Metode Pengembangan Sistem Agile Development yang memiliki keunggulan dalam penerapan real-world progress dan lebih adaptif, revolusioner, dan fleksibel terhadap perubahan.

Konsultasi Sekarang
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kaka lagi pusing masalah skripsi / tesis nih. Lagi bingung dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.