Skip to main content

Perancangan Dashboard Sistem Informasi Untuk Agile Manajemen Proyek dengan Menggunakan JIRA–Studi Kasus di PT. FLASHiZ Indonesia

— Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi internet dan kemudahan dalam akses untuk penggunaan teknologi tersebut saat ini, memunculkan gagasan untuk pemanfaatannya dalam membantu manajer proyek yang dalam hal mewakili pemilik proyek (owner) agar bisa melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap proyek-proyek yang berada dibawah naungannya. Dalam hal waktu kerja, manajer proyek mempunyai keterbatasan, terutama untuk melakukan pengawasan dan pengendalian dikarenakan proyek yang tangani seringkali lebih dari 1 (satu), yang waktu kegiatannya berjalan secara bersamaan. Agar sistem informasi yang ada dapat disimpan dan mudah diakses kapan saja oleh pemilik proyek (owner), maka diperlukan sebuah web server yang dapat menampung data dan informasi yang telah dikerjakan. Informasi dalam database yang ada selain diperuntukkan bagi pemilik proyek (owner) juga dapat diakses oleh pihak-pihak lainnya yang memiliki kepentingan tertentu dalam proyek. Tersedianya sistem laporan kinerja proyek dan informasi status pengerjaan proyek yang terintegrasi, dapat memudahkan dan mempercepat proses pelaporan kepada pemilik proyek (owner). Pengembangan sistem informasi manajemen proyek terbaru dengan menggunakan Metode Agile, yang merupakan salah satu metode didalam proyek manajemen yang banyak digunakan khususnya bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang pengembangan perangkat lunak. Salah satu aplikasi sudah yang banyak dipakai adalah JIRA. Aplikasi ini bisa memberikan data atau informasi secara real-time melalui halaman Dashboard yang disediakan oleh pengelola. Semua history kegiatan baik masalah dan solusi selama pelaksanaan proyek terekam dalam aplikasi ini melalui laporan-laporan yang disediakan, sehingga dapat menjadi acuan bagi perencanaan dan pelaksanaan proyek-proyek yang serupa nantinya.

Konsultasi Sekarang
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kaka lagi pusing masalah skripsi / tesis nih. Lagi bingung dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.