fbpx

Bingung Cari Sumber Referensi untuk Skripsi? Temukan Disini!

By July 25, 2019 Tips Skripsi

Saat skripsimu tidak disetujui dosen pembimbing dan harus direvisi, mungkin ini membuatmu sedikit galau. Apalagi jika kamu kesulitan untuk mendapatkan referensi yang bisa digunakan sebagai bahan merevisi skripsi. Sebenarnya, kamu bisa mendapatkan banyak sumber referensi yang bisa membantumu menyelesaikan revisi. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan referensi yang kamu butuhkan. Bagaimana caranya?

Cara Mendapatkan Referensi Skripsi

Jika kamu sedang bingung menemukan referensi yang bisa dijadikan bahan menulis untuk skripsi, coba cari dengan cara sebagai berikut:

  1. Baca Buku

Buku menjadi sumber utama mendapatkan referensi yang kamu butuhkan. Tersedia banyak buku yang bisa kamu temukan di perpustakaan kampus maupun perpustakaan nasional dan Gramedia. Coba kunjungi perpustakaan di kampusmu, cari buku yang berhubungan dengan materi skripsi yang kamu butuhkan. Jika tidak menemukannya, minta bantuan kepada petugas perpus atau teman-temanmu.

Kamu juga bisa membeli buku langsung di Gramedia atau toko buku di daerahmu sesuai dengan buku yang kamu butuhkan. Jika di kampusmu tidak tersedia buku yang lengkap atau ingin lebih berhemat karena tidak mau membeli buku, cobalah kunjungi perpustakaan nasional. Temukan buku yang kamu cari disana secara gratis. Di perpusnas koleksi buku tentu lebih lengkap daripada di kampusmu sendiri. Selain menemukan buku, kamu juga bisa sedikit refreshing dengan berkunjung ke tempat-tempat baru.

  1. Tanya Teman dan Dosen

Jika kamu merasa kesulitan dengan revisi yang harus kamu selesaikan karena kekurangan bahan materi, jangan sungkan meminta bantuan teman atau dosen di sekitarmu. Bertanyalah pada mereka tentang materi yang tidak kamu pahami. Mintalah rekomendasi buku yang bisa dijadikan referensi. Mintalah bantuan dengan cara yang baik, agar kamu mendapatkan respon yang baik pula.

  1. Cari Data ke Lapangan

Kamu juga bisa mendapatkan sumber materi yang bisa digunakan untuk membuat skripsi melalui data di lapangan. Maksudnya, kamu bisa menggunakan data administrasi yang ada di lokasi penelitianmu. Jika kamu melakukan penelitian ke sekolah, kamu bisa mendapatkan materi baik dari buku maupun dokumen sekolah untuk dijadikan referensi dalam pembuatan skripsi. Hal ini tentu akan memudahkanmu mengerjakan skripsi karena memperoleh data yang kamu butuhkan.

  1. Cari di Internet

Di era modern ini, perkembangan internet sudah semakin pesat. Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai sumber referensi melalui internet. Salah satunya jurnal online yang bisa diakses melalui internet. Jurnal online bisa kamu jadikan referensi untuk membantumu menyelesaikan skripsi. Nah, berikut beberapa situs online yang bisa kamu akses secara online:

  • Google Scholar

Bagi kamu yang sedang bingung mencari sumber referensi, cobalah cari melalui Google Scholar. Ini merupakan layanan Google yang membantumu mencari referensi penelitian yang bisa diakses secara publik. Kamu bisa memasukkan kata kunci berdasarkan tema skripsimu untuk menemukan jurnal yang relevan dengan skripsimu.

  • Academia

Academia merupakan salah satu situs online yang cukup populer menyediakan berbagai jurnal penelitian dan artikel ilmiah lainnya yang diunggah oleh para pengguna Academia. Disini kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan pemilik jurnal atau artikel yang diunggah di situs Academia.

Hal ini bisa membantumu memahami hal-hal yang tidak kamu pahami dalam jurnal yang kamu cari tersebut. Bahkan, nantinya kamu juga bisa mengunggah jurnal artikel skripsimu di Academia, sehingga memberikan kemudahan bagi pengguna lain untuk mendapatkan lebih banyak referensi yang mereka butuhkan.

  • Microsoft Academic

Selanjutnya, kamu juga bisa mengakses melalui Microsoft Academic. Situs ini menyediakan filter pencarian berdasarkan penulis, tema, maupun lokasi penelitian dilakukan. Sehingga kamu bisa lebih mempersempit lingkup pencarian dan menemukan jurnal yang kamu cari dengan mudah dan cepat. Bagi kamu yang kesulitan menemukan jurnal ilmiah di Google Scholar, kamu bisa mencarinya di Microsoft Academic.

  • ResearchGate

Situs online selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mencari sumber referensi yaitu ResearchGate. Ini adalah salah satu platform yang berbentuk media sosial khususnya digunakan untuk para peneliti.

Melalui ResearchGate, kamu bisa menemukan berbagai jurnal penelitian secara global, tidak hanya di Indonesia namun dunia. ReseachGate juga bisa dijadikan sebagai forum diskusi antar penggunanya. Di forum ini, kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan yang tidak kamu pahami, dan pengguna lain akan memberikan jawaban.

  • Portal Garuda

Portal Garuda dikenal juga dengan sebutan IPI (Indonesian Publication Index). Situs ini sama seperti Microsoft Academic maupun Google Scholar yang bisa kamu gunakan untuk mencari jurnal ilmiah sebagai referensi skripsimu. Kamu bisa menemukan banyak jurnal online berbahasa Indonesia untuk skripsimu. Situs ini dapat dikatakan sebagai situs yang memudahkan kamu untuk mendapatkan jurnal online berbahasa Indonesia, karea sebagian situs lain lebih banyak menyajikan jurnal dalam bahasa Inggris.

  • Perpusnas

Perpusatakaan Nasional (Perpusnas) tidak hanya hadir secara fisik, namun hadir juga sebagai situs online. Kamu bisa secara langsung mengakses situs Perpusnas melalui internet. Disini kamu bisa menemukan banyak referensi jurnal dan artikel ilmiah secara gratis. Namun, untuk bisa mengunduh dan membaca jurnal ilmiah yang kamu butuhkan, kamu harus mendaftar sebagai member perpusnas terlebih dahulu. Kamu bisa mendaftar dan mengisi form pendaftaran secara online melalui situsnya.

  • DOAJ (Directory of Open Access Journals)

Kamu juga bisa mengakses situs online DOAJ untuk menemukan berbagai jurnal ilmiah gratis sebagai referensimu menyelesaikan skripsi. Diluncurkan pada tahun 2003, kini DOAJ telah memiliki lebih dari 11.000 jurnal. Jurnal yang ada disitus ini telah melalui seleksi yang ketat, sehingga tidak semua jurnal yang dihasilkan peneliti akan dimuat dalam DOAJ. Melainkan, hanya jurnal ilmiah yang berkualitaslah yang akan dimuat dan dapat diakses publik di situs tersebut. Sehingga kamu juga akan mendapatkan jurnal berkualitas untuk referensi skripsimu.

  • Jurnal Online LIPI

Selanjutnya, jurnal online LIPI juga bisa kamu jadikan referensi untuk mencari jurnal-jurnal ilmiah untuk menyempurnakan skripsi yang sedang kamu kerjakan. LIPI sebagai lembaga pemerintahan non kementrian menyediakan berbagai jurnal ilmiah yang bisa diunduh secara gartis melalui situsnya. Mudahkan? Temukan berbagai jenis penelitian ilmiah di LIPI dengan mudah dan cepat sesuai kebutuhanmu.

  • International Journal of Education and Research

Yuk, kunjungi juga situs online International Journal of Education and Research yang menyediakan berbagai jenis jurnal penelitian yang cocok untuk referensi skripsimu. Ini juga dijadikan sebagai platform para peneliti, profesional, akademisi, praktisi, hingga mahasiswa untuk berbagi ilmu melalui karya ilmiah yang mereka unggah, sehingga bisa diunduh oleh orang lain yang membutuhkan.

  • Sciencedirect

Situs selanjutnya yang bisa kamu akses untuk menemukan jurnal ilmiah melalui Sciencedirect. Disini kamu bisa mendapatkan e-book maupun jurnal ilmiah sesuai kebutuhan. Namun, tidak semua artikel ilmiah disitus ini dapat diundauh secara gratis, karena ada beberapa yang berbayar. Meskipun demikian, kamu bisa menemukan jurnal dan e-book gratis pada fitur “open access“.

Jadi, itulah 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan sumber referensi yang cocok untuk skripsimu. Tidak ada yang sulit untuk menemukan referensi jika kamu mau berusaha mencari dari berbagai sumber.

Open chat
1
Hei ka, perkenalkan saya Amel salah satu pembimbing skripsi di Dosbing.id. Hmm, dilihat dari raut wajah kakanya, sepertinya kaka lagi pusing skripsi nih. Chat saya untuk dibantu skripsinya dari Pencarian Judul sampai Lulus.
Powered by