fbpx

Implementasi Algoritma Triple DES dan Algoritma AES Dalam Penyandian File Teks

Judul : Implementasi Algoritma Triple DES dan Algoritma AES Dalam Penyandian File Teks

 

DokterSkripsi.com – Penyandian sebuah data merupakan salah satu aspek dari keamanan informasi. Kerahasiaan data sebuah file merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam sistem informasi pada saat ini.Jatuhnya informasi ke tangan pihak lain dapat menimbulkan kerugian bagi pemilik informasi.Untuk mengatasi masalah tersebut, maka digunakan suatu cara untuk melindungi data tersebut dengan menyandikannya menggunakan teknik kriptografi.Teknik kriptografi memiliki algoritma yang tidak lagi rahasia, yang dirahasiakan hanyalah kunci untuk melakukan enkripsi dan dekripsi pesan. Algoritma Triple Data Encryption Standard merupakan suatu algoritma pengembangan dari algoritma Data Encryption Standard (DES). Karena tingkat kerahasiaan algoritma 3DES terletak pada panjangnya kunci yang digunakan. Advanced Encryption Standard (AES) termasuk kepada algoritma kriptografi modern yaitu sistem penyandian blok yang bersifat non-Feistel karena Advanced Encryption Standard (AES) menggunakan komponen yang selalu memiliki invers dengan panjang blok 128 bit. Kunci Advanced Encryption Standard (AES) dapat memiliki panjang kunci bit 128, 192, dan 256 bit. Penyandian Advanced Encryption Standard (AES) menggunakan proses yang berulang yang disebut dengan ronde.Proses yang akan dilakukan di dalam penyandian teks menggunakan algoritma 3DES dan AES adalah dengan menyandikan teks menggunakan algoritma 3DES terlebih dahulu, kemudian cipherteks hasil dari 3DES akan dienkripsi kembali menggunakan algoritma AES dan akan didapatkan cipherteks yang terakhir.

Referensi: 

Amin, Zaid. (2012). Desain dan Implementasi Tunneling IPSEC Berbasis UNIX dengan ESP (Encapsulating Security Payload). Palembang: STMIK PalComTech, 2

Ariyus, Dony. (2008). Pengantar Ilmu Kriptografi Teori Analisis dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Cristian, Harry. (2015). Studi tentang Pelaksanaan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun 2013 di Desa Loa Janan Ulu Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kutai: eJournal Pemerintahan Integratif, 3, 2337-8670.

Enterprise, Jubilee. (2010)Rahasia Manajemen File. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Gata, Windu., & Gata, Grace. (2013). Sukses Membangun Aplikasi Penjualan Dengan Java. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Munir, Rinaldi. (2011). Algoritma dan Pemrograman. Bandung: Informatika Bandung.

Munir, Rinaldi. (2006). Kriptografi. Bandung: Informatika Bandung.

Nugroho, Adi. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sadikin, Rifki. (2010). Kriptografi untuk Keamanan Jaringan dan Implementasinya dalam Bahasa Java. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Shofi, Ahmad. (2016). Enkripsi dan Dekripsi Data Encryption System PHP. Tuban: Universitas PGRI.

Sofyan, Amir Fatah. (2008). Digital Multimedia: Animasi, Sound Editing dan Video Animasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suarga. (2006). Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta: Penerbit Andi

Open chat
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kakanya lagi pusing masalah skripsi nih. Lagi ada problem dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.