fbpx

Judul Skripsi: PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PENENTUAN KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT (Studi Kasus : Koperia – Koperasi Warga Komplek Gandaria)

Penulis:

Teguh Budi Santoso;Dela Sekardiana;

Abstrak:

Pemberikan kredit saat ini yang terjadi di KOPERIA (Koperasi Warga Komplek Gandaria) kepada nasabah masih berdasarkan proses yang tidak obyektif. Kesulitan dalam menentukan kelayakan pemberian kredit yang sering dialami oleh pengurus koperasi, sehingga muncul masalah pada koperasi adalah macetnya pembayaran angsuran kredit nasabah pada KOPERIA. Penelitian ini bertujuan membentuk model klasifikasi pohon keputusan untuk menentukan kelayakan kredit nasabah. Pada penelitian ini penerapan Algoritma C4.5, berdasarkan Himpunan dan Atribut yang digunakan pada penelitian ini yaitu, Jumlah Penghasilan dibagi menjadi 2 kategori >5 Juta dan 3-5Juta, ,Jumlah Saldo dibagi menjadi tiga yaitu >3 Juta, 1-3 Juta dan < 1Juta, Jumlah Pinjaman dibagi menjadi tiga yaitu 1-4 Bulan, 5-8 bulan, dan 9 -12 Bulan dan Keperluan dengan attribute Modal Usaha, membeli barang dan lain-lain. Pada Penelitian ini menentukan node akar yang sesuai, hasil klasifikasi menggunakan Algoritma C4.5 menunjukan bahwa diperoleh akurasi 97,5%, berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan bahwa algoritma c4.5 cocok digunakan untuk menentukan kelayakan pemberian kredit nasabah pada KOPERIA.

Metode / Algoritma:

C4.5

Cocok untuk Fakultas:

Teknik Informatika, Sistem Informasi

Open chat
1
Hei ka, perkenalkan saya Amel salah satu pembimbing skripsi di Dosbing.id. Hmm, dilihat dari raut wajah kakanya, sepertinya kaka lagi pusing skripsi nih. Chat saya untuk dibantu skripsinya dari Pencarian Judul sampai Lulus.
Powered by