fbpx

Penerapan Metode Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Kombinasi Antar Itemset Pada Pondok KOPI

Inventory merupakan salah satu aspek penting dalam suatu perusahaan. Lokasi Pondok Kopi yang sulit dijangkau membuat aktivitas distribusi bahan inventory menjadi kurang lancar. Untuk itu, sebelumnya perlu melakukan perencanaan inventory dengan baik, sebab inventory yang tidak mencukupi juga mempengaruhi tingkat penjualan. Untuk mengetahui kebutuhan inventory, dapat dilakukan analisis pasar untuk mencari tahu serangkaian item-item apa saja yang dibeli secara bersamaan oleh para konsumen melalui data transaksi. Dengan penerapan metode Market Basket Analysis (MBA) dan algoritma Apriori, dapat dilakukan analisis pada data transaksi sehingga menemukan informasi mengenai pola beli konsumen dan direpresentasikan dalam bentuk aturan asosiasi. Berdasarkan data transaksi penjualan pada Pondok Kopi, dilakukan analisis menggunakan algoritma apriori dengan parameter minimum support sebesar 5% dan minimum confidence sebesar 30%. Hasil dari penelitian tersebut menghasilkan 7 aturan asosiasi dengan kombinasi item terbesar sampai 2-itemset.

Open chat
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kakanya lagi pusing masalah skripsi nih. Lagi ada problem dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.