Skip to main content

Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk xxx Dengan Menggunakan Algoritma Apriori dan Frequent Pattern Growth (FP-GROWTH) : Studi Kasus PT XXX

Judul Skripsi : Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk xxx Dengan Menggunakan Algoritma Apriori dan Frequent Pattern Growth (FP-GROWTH) : Studi Kasus PT XXX 
 
DokterSkripsi.com – Data mining merupakan proses analisa data untuk menemukan suatu pola dari kumpulan data tersebut. Data mining mampu menganalisa data yang besar menjadi informasi berupa pola yang mempunyai arti bagi pendukung keputusan. Salah satu teknik data mining yang dapat digunakan adalah association data mining atau yang biasa disebut dengan istilah market basket analysis. Market basket didefinisikan sebagai suatu itemset yang dibeli secara bersamaan oleh pelanggan dalam suatu transaksi. Market basket analysis adalah suatu alat yang ampuh untuk pelaksanaan strategi cross-selling. Metode ini dimulai dengan mencari sejumlah frequent itemset dan dilanjutkan dengan pembentukan aturan-aturan asosiasi (association rules). Algoritma Apriori dan frequent pattern growth (FP-growth) adalah dua algoritma yang sangat populer untuk menemukan sejumlah frequent itemset dari data-data transaksi yang tersimpan dalam basis data. Dalam penelitian ini algoritma Apriori dan frequent pattern growth (FP-growth) digunakan untuk membantu menemukan sejumlah aturan asosiasi dari basis data transaksi penjualan produk xxx di  PT.XXX, sehingga untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam membuat strategi pemasaran dan penjualan yang efektif.

Konsultasi Sekarang
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kaka lagi pusing masalah skripsi / tesis nih. Lagi bingung dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.