fbpx

Penerapan Metode Neural Network dengan Struktur Backpropagation untuk Prediksi Stok Obat di Apotek (Studi Kasus: Apotek ABC)

Apotek ABC adalah apotek yang menjual obat-obatan. Apotek ini menggunakan cara manual dalam mendata stok obat dan data tersebut kemudian disimpan dalam Microsoft Excel. Untuk mengetahui jumlah stok obat membutuhkan waktu yang lama karena tidak ada gambaran berapa jumlah stok obat yang tersisa. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya kekosongan stok. Selama ini, untuk mengetahui jumlah stok hanya dengan menghitung sisa stok yang ada, kemudian membandingkan jumlah antara obat yang terjual dengan faktur pembelian. Permasalahan yang terjadi yaitu tidak validnya data stok obat yang ada dan sulitnya melakukan prediksi untuk pemesanan ditahun berikutnya. Pada paper ini mencoba menerapkan metode Neural Network dengan struktur backpropagation untuk melakukan prediksi pendataan stok obat di apotek dengan evaluation pattern menggunakan aplikasi Matlab 6.1. Penerapan metode ini bertujuan untuk mendapatkan hasil prediksi stok obat. Hasil diberikan dalam bentuk angka dan grafik untuk prediksi tahun berikutnya dengan jumlah node input 10, node hidden 3 dan node output 1. Nilai learning rate yang digunakan adalah 0,1, 0,5 dan 0,8. Hasil pengujian yang dilakukan menghasilkan RMSE pada learning rate 0.5. Diharapkan nantinya dengan metode ini dapat memberikan solusi kepada pihak apotek untuk melakukan prediksi stok obat satu tahun kedepan sehingga mempermudah pekerjaan pada bagian inventori dan penjualan di apotek ABC.

Open chat
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kakanya lagi pusing masalah skripsi nih. Lagi ada problem dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.