fbpx

Penyelesaian Capacitatedvehicle Routing Problem (Cvrp) Menggunakan Algoritma Sweep Untuk Optimasi Rute Distribusi Surat Kabar Kedaulatan Rakyat

—Vehicle Routing Problem (VRP) merupakan suatu permasalahan yang berkaitan dengan penentuan rute yang optimal yang melibatkan lebih dari satu kendaraan dengan memperhatikan beberapa kendala untuk melayani sejumlah agen sesuai dengan permintaannya masing-masing. Salah satu variasi dari VRP adalah capacitated vehicle routing problem (CVRP) yaitu dengan menambahkan kendala kapasitas kendaraan. Tujuan dari penulisan ini adalah menjelaskan pembentukan model CVRP pada permasalahan rute distribusi surat kabar Kedaulatan Rakyat dan penyelesaiannya menggunakan algoritma sweep. Algoritma sweep merupakan algoritma yang terdiri dari dua tahap, tahap pertama yaitu clustering agen dan tahap kedua yaitu pembentukan rute untuk masing-masing cluster dengan metode Nearest Neighbour. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan CVRP menggunakan algoritma sweep, diperoleh total jarak tempuh kendaraan yaitu 142.9 km dengan waktu tempuh 210 menit. Sedangkan total jarak tempuh kendaraan perusahaan saat ini yaitu 174.9 km dengan waktu tempuh 233 menit. Perhitungan persentase penghematan jarak tempuh yang telah dihitung yaitu didapatkan persentase sebesar 18.29 %.

Open chat
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kakanya lagi pusing masalah skripsi nih. Lagi ada problem dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.