fbpx

Perancangan Sistem Telemetri Wireless untuk Mengukur Suhu dan Kelembaban Berbasis Arduino Uno R3 ATmega328p dan XBee Pro

Telemetri adalah proses pengukuran parameter suatu obyek (benda, ruang, kondisi alam) yang hasil pengukurannya di kirimkan ke tempat lain melalui proses pengiriman data baik dengan menggunakan kabel maupun tanpa menggunakan kabel (wireless). diharapkan dapat memberi kemudahan dalam pengukuran, pemantauan dan mengurangi hambatan untuk mendapatkan informasi. Dengan menggunakan sistem telemetri wireless pengukuran suhu dan kelembaban bisa dilakukan dari tempat berbeda. Penelitian ini merancang sistem telemetri wireless yang dapat mengukur suhu dan kelembaban dengan desain portable yang dilengkapi perekam data, hasil pengukuran tersebut bisa ditampilkan melalui LCD. Sistem telemetri wireless. Sistem terbagi dua bagian yaitu Unit pengirim terdiri dari sensor DHT11, I/O expansion, Arduino Uno R3, mikrokontroler ATmega328P, modul Xbee Pro dan baterai. Unit penerima terdiri dari Unit penerima terdiri dari Modul Xbee Pro, I/O expansion, Arduino Uno R3, mikrokontroller ATmega328P, LCD, Modul SD Card dan baterai. Hasil penelitian alat ukur dapat bekerja dengan baik dengan pengujian outdoor tanpa halangan jarak maksimal 550 m, waktu penerimaan data tercepat 10.13 detik dan outdoor dengan halangan jarak maksimal 300 m, waktu penerimaan data tercepat 60,39 detik. Indoor dengan halangan dinding jarak maksimal 50 m, waktu tercepat penerimaan data 10,31 detik. Proses pengujian dengan kondisi alat statis dan pengiriman data secara garis lurus. Sensor DHT 11 mendeteksi suhu dan kelembaban dengan baik dan sensitif terhadap aliran udara. Data Logger menggunakan memory card 4 GB dan mampu menyimpan selama 432 hari.

Open chat
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kakanya lagi pusing masalah skripsi nih. Lagi ada problem dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.