fbpx

Prediksi Jumlah Kunjungan Pasien Rawat Jalan Menggunakan Metode Genetic Fuzzy Systems Studi Kasus: Rumah Sakit Usada Sidoarjo

— Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat jalan, rawat inap dan gawat darurat. Rawat jalan merupakan proses bisnis utama dari rumah sakit Usada Sidoarjo, namun ketersediaan sumber daya pada unit rawat jalan tidak sebanding dengan jumlah pasien yang harus dilayani. Apabila kunjungan pasien rawat jalan dapat diramalkan secara akurat dapat membantu organisasi dalam pengambilan keputusan dan perencanaan sumber daya dimasa depan. Dalam penelitian ini, metode Genetic Fuzzy System (GFS) dipilih untuk melakukan peramalan jumlah kunjungan pasien rawat jalan. Kelebihan Genetic Fuzzy System dibandingkan dengan metode time series tradisional adalah metode time series tradisional membutuhkan lebih banyak data historikal dan data harus mematuhi distribusi normal. Metode Genetic Fuzzy System ini menggunakan jenis Mamdani fuzzy rule based system dan menggunakan algoritma genetika untuk mengembangkan pengetahuan dasar sistem fuzzy. Penelitian menggunakan Genetic Fuzzy Systems memberikan hasil MAPE sebesar 12,125 %.

Open chat
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kakanya lagi pusing masalah skripsi nih. Lagi ada problem dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.