fbpx

Simulasi Dan Analisis Pengalokasian Sumber Daya Radio Menggunakan Algoritma Ant Colony Optimization (ACO) Pada Sistem Long Term Evolution (LTE) Arah …

Long Term Evolution (LTE) merupakan teknologi nirkabel yang dapat memberikan laju data yang tinggi dengan penggunaan Orthogonal Frequency Division Multiple Access (OFDMA). Namun di sisi lain OFDMA memiliki masalah lain yaitu pada multiuser diversity. Cara untuk menangani isu multiuser diversity adalah dengan pengalokasian resource block (RB) yang efisien. Pada jurnal ini diajukan algoritma Ant Colony Optimization (ACO) untuk pengalokasian RB pada sistem LTE arah downlink. ACO memanfaatkan dua informasi, yaitu nilai heuristik dan feromon, dalam membuat solusi pengalokasian RB. ACO bergerak secara paralel dan akan mengevaluasi solusi-solusi pengalokasian dengan fungsi objektif tertentu. Simulasi pengalokasian RB dilakukan dengan melihat pengaruh variasi jumlah semut dan iterasi. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa dua variabel tersebut dapat disesuaikan untuk meningkatkan nilai average user throughput. ACO juga dapat memberikan performansi yang baik pada sisi fairness, yaitu sekitar 0.9998 atau 99.98% fair. Dalam hal kompleksitas waktu, ACO memiliki kompleksitas lebih tinggi dibandingkan algoritma konvensional, seperti proportional fair (PF), dikarenakan adanya variabel jumlah iterasi dan semut. Namun kompleksitas waktu ACO dapat direduksi dengan mengkuantifikasi dua variabel tersebut sehingga kompleksitasnya setara dengan PF.

Open chat
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kakanya lagi pusing masalah skripsi nih. Lagi ada problem dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.