fbpx

Tips Membuat Dosen Tertarik dengan Skripsimu

By July 25, 2019 Tips Skripsi

Salah satu cobaan terberat bagi mahasiswa semester akhir adalah perihal skripsi. Mulai dari penentuan judul hingga proses pengerjaan skripsi sampai disetujui oleh dosen pembimbing. Di awal proses yaitu penentuan judul, banyak mahasiswa yang merasa kesulitan mendapatkan judul yang pas. Setelah mendapatkan judul dan melakukan pengajuan judul ke dosen pembimbing, ternyata ditolak karena tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan pembimbing.

Hal ini tentunya akan menambah kegalauan mahasiswa semester akhir, bukan? Belum lagi ketika sudah mulai mengerjakan skripsi, tetapi tak kunjung di setujui atau di acc. Tentu akan menghambat proses pengerjaan skripsi ke Bab selanjutnya. Hal inilah yang membuatmu bisa terlambat lulus. Maka dari itu, kamu harus pandai menarik perhatian dosen pembimbing dengan membuat skripsi yang menarik, sehingga dosen dengan mudah memberikan persetujuan pada judul yang kamu pilih. Bahkan dalam prosesnya, dosen bisa memprioritaskan skripsimu untuk dibimbing.

Bagaimana caranya? Yuk, simak tips membuat dosen tertarik dengan skripsi yang akan kita kerjakan!

Tips Menarik Dosen Tertarik Terhadap Skripsi Mahasiswa

Ikuti beberapa tips berikut ini untuk menarik perhatian dosen terhadap skripsimu!

  1. Pilihkan Dosen sesuai dengan Minatmu

Dibeberapa universitas atau sekolah tinggi memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih dosen yang akan dijadikan pembimbing skripsi. Maka dari itu, pilihlah dosen yang benar-benar sesuai dengan tema yang akan kamu angkat dalam skripsimu. Pastikan kamu mengenal karakter dosen pembimbing yang akan kamu pilih, sehingga kamu bisa memprediksi bagaimana sikap dosen terhadapmu ketika kamu mengajukan bimbingan skripsi terhadapnya. Jangan mempersulit dirimu dengan memilih dosen pembimbing yang tidak sesuai dengan bidang yang kamu minati.

  1. Lakukan Pendekatan Pribadi ke Dosen

Pendekatan pribadi yang dimaksud bukan untuk mencari perhatian ke dosen yang berlebihan. Namun, tetap batas wajar antara mahasiswa dengan dosen yang merupakan pembimbing skripsi. Bagaimana caranya? Pahami karakter dosen, kamu bisa melihat keseharian dosen di kampus, bagaimaa saat beliau mengajar, dan sikap beliau terhadap dosen dan mahasiswa lain.

Selanjutnya, kamu juga bisa mencari tahu bidang yang disukai dosen. Caranya? Cobalah cari tahu buku apa yang sering dibaca, cari tahu blog pribadinya (biasanya dosen akan membuat jurnal terkait masalah tertentu dalam blognya), atau bisa juga bertanya pada alumni, teman, atau adik tingkat tentang karakteristik dosen. Jika kamu berhasil mengenal dosen dan melakukan pendekatan dengan baik, maka akan mempermudahmu menarik perhatian dosen selama proses bimbingan skripsi.

  1. Buatlah Judul yang Menarik dan Up to Date

Ikuti perkembangan zaman dan berita terbaru yang banyak diperbincangkan. Carilah sumber berita terbaru dan permasalahan yang sedang terjadi di sekitarmu. Dengan demikian, kamu bisa menemukan ide judul yang menarik dan up to date sesuai dengan perkembangan zaman sekarang. Judul yang up to date menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian dosen agar judul skripsimu diterima. Namun, ingat bahwa judul yang kamu pilih harus sesuai bidang yang diminati dosen, dan sesuai juga dengan kemampuanmu mengerjakan nanti.

  1. Siapkan Jurnal yang Relevan dengan Judul sebagai Pegangan

Jangan lupa untuk meyakinkan dosen pembimbingmu tentang judul yang kamu pilih. Caranya, kamu perlu menyiapkan setidaknya 1 – 3 jurnal yang relevan dengan tema skripsi yang akan kamu angkat. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan dosen, bahwa kamu memang tertarik dengan judul tersebut hingga sudah menyiapkan jurnal sebagai referensinya. Kesungguhanmu ini akan dinilai dosen pembimbing skripsi sebagai hal positif, dan bisa mempengaruhi dosen untuk menyetujui judul yang kamu ajukan tanpa berpikir panjang. Tak hanya itu saja, jurnal yang sudah kamu miliki dapat memberikan gambaran kepada dosen terkait penelitian yang akan kamu lakukan nantinya.

  1. Miliki Pengetahuan yang Luas terkait Tema Skripsi yang Kamu Ambil

Kamu harus memahami tema skripis yang kamu ambil. Sehingga ketika dosen bertanya terkait judul, latar belakang, lokasi yang akan digunakan sebagai penelitian dan sebagainya, kamu dapat menjelasakannya secara jelas, yakin dan percaya diri. Karena ketika kamu sendiri ragu tentang tema skripsi yang kamu ambil, dosen juga akan ikut ragu dengan pilihan judul skripsimu. Maka dari itu milikilah pengetahuan yang luas tentang skripsimu dan hal-hal yang berkaitan. Perbanyak baca jurnal dan lakukan pengamatan ke lapangan untuk menambah wawasan.

  1. Tepat Waktu

Berusahalah untuk selalau tepat waktu melakukan bimbingan. Ketika kamu diberikan waktu 1 minggu untuk menentukan judul, manfaatkan waktu tersebut dan segera ajukan judul yang kamu siapkan kepada dosen pembimbing. Jangan sampai melebihi batas waktu yang sudah ditetapkan. Hal ini bisa membuat dosen enggan membimbingmu dalam mengerjakan skripsi. Jangan sampai membuat dosen kesal karena kamu tidak bisa disiplin waktu.

  1. Buatlah Skripsi dengan Baik dan Rapi

Bukan untuk terlihat sempurna, namun kamu perlu mengerjakan skripsi dengan baik dan rapi, sehingga dosen yang membacanyapun akan senang karena mudah dipahami. Tidak masalah jika skripsimu harus mendapatkan komentar buruk dan diperbaiki atau direvisi. Namun, ketika skripsi yang kamu buat rapi, setidaknya secara teknis penulisan, skripsimu memiliki poin positif bagi dosen pembimbing.

  1. Milikilah Semangat yang Tinggi

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan yaitu memiliki semangat yang tinggi bahwa kamu bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas akhir. Datanglah tepat waktu untuk menemui dosen sesuai jadwal yang telah disepakati. Jika kamu diminta untuk melakukan revisi, lakukan sesegara mungkin sesuai dengan deadline. Ketika sedang bimbingan, cobalah untuk aktif bertanya perihal materi yang belum kamu pahami. Catat atau rekam penjelasan yang disampaikan oleh dosen pembimbing.

  1. Jagalah Sopan Santun

Perilaku yang kamu tunjukkan kepada dosen, bisa mempengaruhi penilaian dosen terhadap skripsimu. Jika kamu memiliki sikap yang baik, sopan santun, ramah, menyampaikan pendapat dengan santun, maka dosen juga akan menghargai kerja kerasmu dalam mengerjakan skripsi. Dosen akan dengan senang hati memberikan bimbingan kepada mahasiswanya yang memiliki attitude yang baik terhadapnya. Jadi tak tanya teknik skripsi saja yang bisa membuat dosen tertarik, akan tetapi sikap dan perilakumu juga bisa berpengaruh terhadap skripsimu di mata dosen.

  1. Komunikasi dengan Baik

Jagalah komunikasi yang baik dengan dosen, baik secara langsung saat bertemu maupun melalui pesan atau telepon. Sapalah dosen dengan ramah, jangan takut bertemu dosen atau menghindari dosen. Justru ini saat yang tepat menunjukkan sikap positifmu kepada dosen pembimbing. Jika berkomunikasi melalui pesan teks, gunakan bahasa yang sopan dan jelas, serta sesuaikan waktu dalam berkomunikasi. Jangan menghubungi dosen ketika larut malam, karena bisa mengganggu jam istirahat atau tidur.

Kirimkan pesan dengan ketikkan tulisan yang lengkap agar mudah dipahami. Jangan menggunakan tulisan penuh singkatan yang tidak wajar. Hal ini bisa membuat dosen terganggu terhadap pesanmu. Apabila kamu harus menelpon dosen pembimbing karena ada hal yang mendesak, cobalah untuk berkirim pesan terlebih dahulu dan meminta izin bahwa kamu akan menelponnya.

  1. Menggunakan Pakaian Rapi saat Bimbingan

Tak hanya memperhatikan kualitas skripsi yang kamu buat, penampilan saat bertemu dosen pembimbing juga perlu diperhatikan. Pastikan pakaian yang kamu kenakan rapi, bersih, dan wangi. Penampilan yang rapi bisa meningkatkan kepercayaan dirimu saat menghadapi dosen. Hal ini juga bisa membuat dosen senang bertemu denganmu.

  1. Selalu Siap untuk Bimbingan

Tips terakhir untuk menarik perhatian dosen terhadap skripsimu yaitu selalu siap kapanpun diminta bimbingan. Sudah bukan menjadi hal pertama lagi ketika dosen membatalkan jadwal bimbingan karena kesibukannya. Sebagai mahasiswa harus memahami kondisi tersebut.

Walaupun mahasiswa juga sebenarnya memiliki kepentingan lain juga. Namun, jangan sampai melawan dosen dalam hal pengaturan jadwal bimbingan, jika kamu ingin skripsimu segera di setujui dosen. Oleh sebab itu, bersiap-siaplah setiap saat. Ketika dosen menjadwalkan ulang jadwal bimbingan, terima hal tersebut dan lakukan bimbingan ulang tepat waktu sesuai jadwal terbaru dari dosen.

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk menarik perhatian dosen terhadap skripsimu. Kamu bisa melakukan beberapa cara di atas secara wajar sesuai kondisi yang sedang kamu alami. Demikianlah, tips membuat dosen tertarik dengan skripsimu dan menjadikanmu sebagai prioritas mahasiswa yang perlu dibimbing.

Open chat
1
Hei ka, perkenalkan saya Amel salah satu pembimbing skripsi di Dosbing.id. Hmm, dilihat dari raut wajah kakanya, sepertinya kaka lagi pusing skripsi nih. Chat saya untuk dibantu skripsinya dari Pencarian Judul sampai Lulus.
Powered by