Skip to main content

Pengaruh Sistem Informasi Perolehan dan Penyusutan Aktiva Tetap Berbasis Web di PT. Hasil Damai Textile Bandung

Judul Skripsi : Pengaruh Sistem Informasi Perolehan dan Penyusutan Aktiva Tetap Berbasis Web di PT. Hasil Damai Textile Bandung
DokterSkripsi.com – Perkembangan teknologi sangat pesat di Indonesia maupun di negara-negara diseluruh dunia, menjadi sebuah tantangan dan motivasi setiap kalangan baik individu, perusahaan, atau instansi-instansi pemerintah untuk mengikuti kemajuan teknologi. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih dan modern maka dapat meringankan pekerjaan yang dilakukan semua orang. Selain itu teknologi juga dapat dimodifikasi sesuai keinginan atau kebutuhannya. Teknologi dalam bentuk informasi komunikasi maupun teknologi lainnya menjadi unsur yang menjembatani data dan informasi dalam segala aspek kehidupan. Untuk mendapatkan suatu informasi diperlukan suatu sistem.
Peranan sistem informasi terhadap kemajuan perusahaan sudah tidak diragukan lagi dengan dukungan sistem informasi yang baik maka sebuah perusahaan akan memiliki berbagai keunggulan kompetitif sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lain. Dalam menghadapi persaingan tersebut selain didukung oleh sistem informasi yang baik perusahaan harus mempertahankan kelangsungan hidupnya melalui pencapaian tujuan, suatu tujuan akan tercapai apabila perusahaan dikelola dengan baik, sehingga sesuai dengan harapan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Tujuan suatu perusahaan adalah memperoleh laba yang optimal atas investasi yang telah ditanamkan dalam perusahaan, salah satu bentuk investasi tersebut adalah aktiva tetap.
Aktiva tetap merupakan salah satu kelompok harta yang digunakan oleh perusahaan untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan dalam melakukan aktivitasnya. Sebagai contoh, gedung sebagai tempat untuk bekerja, peralatan operasional, mesin-mesin produksi atau kendaraan yang digunakan untuk kegiatan operasional oleh perusahaan. Aktiva tetap adalah harta berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dengan dibangun lebih dahulu, yang digunakan dalam operasi perusahaan, tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun. Dalam sistem manajemen akuntansi, aktiva tetap wajib mengalami depresiasi atau lebih dikenal dengan istilah “penyusutan”. Penyusutan aktiva tetap merupakan alokasi biaya dari harga perolehannya, proses penyusutan aktiva tetap tidak boleh sembarangan karena nilai penyusutan yang diberikan pada sebuah aktiva tetap berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan kondisi aktiva tetap yang ada.
PT. Hasil Damai Textile adalah perusahaan manufaktur yang berlokasi di Jalan Cisirung Km. 2 Cangkuang Barat Dayeuh Kolot Bandung. Kegiatan utamanya adalah memproduksi Polyester Spunbond dan mendaur ulang PET bottles menjadi polyster Staple Fiber, dalam hal tersebut dibutuhkan mesin-mesin produksi, dan peralatan operasional lainnya untuk menunjang seluruh kegiatan produksi.
Sistem Informasi yang sedang berjalan di PT. Hasil Damai Textile masih banyak kekurangan hal ini terbukti dari adanya kendala saat mengolah data penyusutan aktiva tetap. Perusahaan mengahadapi permasalahan dalam proses penyusutan aktiva tetap yang mana sebagian prosesnya masih manual sehingga rentan terjadi kesalahan dalam pengolahan data dan perhitungan penyusutan aktiva tetap. Selain itu perusahaan sulit mengidentifikasi aktiva tetap yang akan habis masa penyusutannya serta saat pembuatan rekap laporan aktiva selama setahun perusahaan harus melakukan penggabungan beberapa file menjadi satu sehingga tidak mudah bagi perusahaan untuk mengambil keputusan dalam menentukan pembelian aktiva tetap yang baru.
Namun dengan adanya sistem informasi masalah tersebut diharapkan dapat teratasi dan kinerja perusahaan menjadi semakin baik. Perusahaan tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan proses penyusutan aktiva tetap dan pembuatan rekap laporan aktiva tetap selama setahun.
Referensi:
1. Al Fatta, Hanif. (2009), Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, Andi : Yogyakarta.
2. Casavera (2009), Perpajakan, Graha Ilmu : Yogyakarta.
3. Fathansyah (2012), Basis Data, INFORMATIKA Bandung : Bandung.
4. Firdaus (2008), Manajemen Agribisnis, Bumi Aksara : Jakarta.
5. Juan (2012), Panduan Praktis Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat : Jakarta.
6. Kadir, Abdul (2013), Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, Andi : Yogyakarta.
7. Krismiaji (2015), Sistem Informasi Akuntansi, Unit Penerbit : Yogyakarta.
8. Kristanto, Andri. (2008). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Gava Media : Yogyakarta.
9. Nazir, Moh. (2013), Metode Penelitian, Ghalia Indonesia : Bogor.
10. Rahardjo (2007), Keuangan dan Akuntansi untuk Manajer Non Keuangan, Graha Ilmu : Yogyakarta.
11. Raharjo, Budi (2011), Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan Mysql, INFORMATIKA Bandung : Bandung.

Konsultasi Sekarang
Hmm, dilihat dari raut wajahnya sepertinya kaka lagi pusing masalah skripsi / tesis nih. Lagi bingung dimana kak? Belum punya judul? Stuck di proposal? Atau coding/ Algoritma? Klik di sini untuk mendapatkan bantuan dan konsultasi GRATIS.